Kamis, 14 Agustus 2008

Nasib Monyet Liar Hutan Lindung Sumatra Utara


Beberapa minggu yang lalu, saya melakukan liputan tentang monyet-monyet liar yang ada di Hutan Lindung Sibatu Loting, Sibaganding, Parapat Sumatera Utara. Hutan lindung ini berlokasi sekitar 3 km menjelang kota Parapat, Sumatera Utara. Di hutan ini hidup ratusan, bahkan mungkin ribuan ekor monyet liar. Sayangnya, kondisi mereka tampak memprihatinkan, badan mereka kurus karena kekurangan makan di hutan. Akhirnya, mereka banyak mengemis akanan di jalan. Resikonya, tertabrak para pengendara.

monyet di pinggir danau

sekeluarga monyet

Satu keluarga monyet liar Hutan Lindung Sibaganding. Lihatlah, perutnya kurus-kurus. Ketersediaan makanan di habitat aslinya berbanding terbalik dengan populasi monyet. Dibutuhkan perhatian lebih dari pemerintah.

monyet bercanda

Dana yang didapat sangat tidak mencukupi untuk menyediakan makan bagi monyet-monyet ini. Untuk itu, Umar Manik dan istrinya, Maria Marbun, yang sejak tahun 1986 berupaya melestarikan monyet-monyet itu. Agar pelestarian tersebut dapat berjalan, Manik harus bekerja ekstra untuk mendapatkan dana tambahan.


Tidak ada komentar: