Kamis, 14 Agustus 2008

Kekeringan Melanda Gunung Kidul

Kekeringan Melanda Gunung Kidul

telaga.jpg

Telaga di desa Giri Suko Kecamatan panggang Gunung Kidul adalah salah satu telaga yang mengering airnya akibat kemarau berkepanjangan. Warga desa harus rela berjalan puluhan kilometer untuk mendapatkan air di desa sebelah atau rela mengeluarkan biaya untuk membeli air dari agen air. Di daerah “Krast” (dataran tinggi kapur) seperti Gunung Kidul, kekeringan merupakan siklus tahunan yang selalu terjadi. Namun diakui warga desa setempat, musim kemarau pada tahun 2006 ini terbilang cukup lama. Banyak telaga-telaga yang menyusut debit airnya bahkan hingga mengering seperti yang terjadi di telaga desa Giri Suko. Harga air yang mencapai 120 ribu per tangki yang bisa di beli di agen air dirasa warga setempat cukup mahal. Pembuatn sumur-sumur bor tentunya akan sangat membantu warga Gunung Kidul untuk bisa mendapatkan pasokan air bersih sepanjang tahun.

mandi.jpg

Telaga “Toet” merupakan telaga di Gunung Kidul yang sepanjang musim kemarau sebelumnya masih menyisakan air yang bisa dimanfaatkan oleh warga setempat. Mandi dan mencuci merupakan aktivitas yang sangat umum ditemui di telaga-telaga di Gunung Kidul.

Saya turut perihatin atas kekeringan yang di alami dan saya ingin menyampailkan pada seluruh masyarakat sekitar agar tetap melindungi alam dan lestarikanlah alam insyaallah kita akan selalu aman dan tentram

Tidak ada komentar: